Hikmah dan Manfaat Merantau Bagi Pria

 

Hikmah dan Manfaat Merantau Bagi Pria
Hikmah dan Manfaat Merantau Bagi Pria
Kiran Banget ~ Untuk menjadi pria sejati itu butuh sebuah tantangan tersendiri. Butuh semua tantangan sejati yang akan mengarahkan seorang pria menemukan jati dirinya. Jalan itu adalah merantau. Sudah menjadi kodrat bahwa kaum pria memiliki sifat alamiah yakni menyukai tantangan. Salah satu tantangan dalam hidup yang bisa membangkitkan potensi pria dan bisa memberikan dampak psikologi yang baik untuk si pria yakni dengan merantau.

Dengan merantau seorang pria akan mengerti dan paham bahwa hidup itu butuh perjuangan yang tidak mudah. Seorang pria yang merantau akan menghargai uang, menghargai pengorbanan dan akan lebih empati kepada orang yang susah. Seorang pria yang merantau jauh memiliki pemikiran yang lebih luas dari kebanyakan pria yang tidak merantau. 

Dari sudut positif, merantau bisa juga diartikan sebagai hijrah. Tujuan merantau pada hakikatnya adalah untuk merubah nasib menjadi lebih baik, lebih sejahtera. Sebab, kita-lah yang merubah nasib, bukan orang lain. Salah satu proses untuk merubah nasib itu adalah dengan merantau ini. 

Lalu apakah merantau merupakan keharusan untuk pria? Secara pribadi, saya cenderung mengajurkan merantau. Bukan tanpa alasan, saya merantau cukup jauh dari desa kelahiran yakni Gunung Kidul, Jogja untuk mengadu nasib ke Bumi Lancang Kuning, Riau. Dan saya mendapatkan banyak tantangan hidup, pengalaman hidup serta mengerti arti hidup yang sebenarnya. Yang tentu saja tidak akan pernah saya dapatkan andai kata saya tidak merantau. Tujuan merantau pada hakikatnya tidak saja untuk merubah nasib, namun bertujuan untuk merubah menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih berguna. Ini poin pentingnya.

Ada beberapa hikmah dan manfaat merantau yang akan pria dapatkan diantaranya :
  1. Akan membentuk watak pemenang. Sebab merantau itu butuh perjuangan untuk menjadi pemenang
  2. Menimbulkan sifat mandiri
  3. Memiliki pandangan yang lebih luas
  4. Bisa mempelajari ilmu lebih banyak
  5. Mampu mengubah nasib menjadi lebih baik
  6. Memperoleh kebahagiaan lebih baik
  7. Siap menjadi imam dalam keluarga
  8. Memiliki sudut pandang yang lebih maju
  9. Lebih empati kepada sesama
  10. Tidak akan mudah putus asa
  11. Akan siap menjadi imam di keluarga
  12. Memiliki rasa kasih sayang yang besar terhadap keluarga

Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya yang tidak bisa saya sebutkan semuanya. Oleh sebab itu, merantau akan memberikan banyak keuntungan untuk kaum pria. Ia baru dikatakan seorang pria sejati, jika ia mampu merubah nasibnya menjadi lebih baik. Baginda Nabi saw sering merantau, beliau mengajarkan merantau. Lalu apakah kita sebagai umatnya enggan untuk merantau? Enggan untuk merubah nasib?

Semoga bermanfaat.